ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL IMAN UJAN RINTIS

BAIQ SINTIA, APRILIANA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL IMAN UJAN RINTIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SINTIA print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Baiq Sintia Apriliana 2023.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan media lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Iman Ujan Rintis Sebanyak 22 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Miles at. al yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dari peserta didik setelah dilakukannya tindakan pembelajaran berbasis lingkungan pada pembelajaran IPA. Peningkatan tersebut tentunya memiliki kendala, salah satu contoh kendala yang dihadapi peneliti yaitu kendala saat melakukan tindakan pembelajaran pada fokus peserta didik. Kendala tersebut tentunya memiliki solusi dengan salah satu cara yang dilakukan peneliti yaitu meminta peserta didik mencatat penjelasan dari peneliti. Hal unik ditemukan dalam pembelajaran berbasis lingkungan berupa anak yang pendiam dan kurang aktif dalam pembelajaran didalam kelas, namun ketika dilakukannya pembelajaran di luar kelas menjadi sangat aktif dalam bertanya mengenai pembelajaran yang diberikan serta mengamati dengan sangat baik dan mengetahui lebih banyak jenis tumbuhan dibandingkan teman lainnya, bahkan saat pembelajaran berlansung dari awal sampai akhir dapat bertanya lebih mendalam mengenai materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran IPA, Lingkungan, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:04
Last Modified: 19 Jun 2023 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40068

Actions (login required)

View Item View Item