HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ RUGAYYA, FARHANA (2023) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ RUGAYYA FARHANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BAIQ RUGAYYA FARHANA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 15 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian yakni 159 siswa. Metode pengumpulan data berupa angket untuk mengukur interaksi sosial dan moivasi belajar siswa. Untuk uji hipotesis pada penelitian menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi interaksi sosial diperoleh nilai rata-rata 55,73, sedangkan hasil deskripsi motivasi belajar diperoleh rata-rata 73,89. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 159 siswa yang diteliti pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig 0,000 dengan rtabel sebesar 0,155 dengan N = 159 dan rhitung yaitu 0,594, maka rhitung > rtabel yaitu 0,594 > 0,155, sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan ialah Ha diterima Ho ditolak yang artinya ada hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 15 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, guru harus tetap membangun interaksi yang baik pada siswa melalui kegiatan kelompok belajar agar motivasi belajar siswa dapat lebih optimal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): siswa, interaksi sosial, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:05
Last Modified: 19 Jun 2023 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40072

Actions (login required)

View Item View Item