PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-FLIPBOOK BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION MUATAN IPS KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA

AULIA, USMAN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-FLIPBOOK BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION MUATAN IPS KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AULIA USMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Aulia Usman.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik flipbook muatan Ilmu Pengetahuan Sosial yang layak dalam proses pembelajaran dan mengetahui cara penggunaan bahan ajar elektronik flipbook untuk peserta didik kelas IV SDN 48 Cakranegara. Keterbaharuan penelitian ini adalah menggunakan desain atau tampilan background yang lebih berwarna serta dilengkapi dengan berbagai jenis media yaitu teks, gambar, serta video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil validasi kelayakan media 82,6% kategori layak dan hasil validasi kelayakan materi bahan ajar 86,4% sangat layak. Hasil angket respon guru 90,27% sangat praktis, hasil angket respon peserta didik memeproleh rata-rata 88,8% kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar elektronik flipbook muatan Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas IV SDN 48 Cakranegara dinyatakan layak dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Ajar, IPS, E-Flipbook, SDN 48 Cakranegara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:30
Last Modified: 21 Jun 2023 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40146

Actions (login required)

View Item View Item