Rancang Bangun Sistem Pengendalian Suhu Ruang Pengering Hybrid Tipe Rak Berputar Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega

Ajeng Setiawati, Diah and Sukmawaty, Sukmawaty (2020) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Suhu Ruang Pengering Hybrid Tipe Rak Berputar Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega. Jurnal Teknik Pertanian Lampung.

[img]
Preview
Text
3496-21062-1-PB.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. TURNITIN RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN SUHU RUANG PENGERING HYBRID TIPE RAK BERPUTAR BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA (1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Lembar Review.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem kontrol pengendalian suhu ruang pengering hybrid tipe rak berputar berbasis mikrokontroler Arduino Mega, dan melakukan uji kinerja terhadap sistem yang dirancang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan percobaan di Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram. Data yang dihasilkan kemudian dianalisa menggunakan aplikasi Mc. Excel. Hasil kalibrasi sensor suhu DS18B20 dengan termometer digital menunjukkan persamaan linieritas pada air hangat didapatkan R2=0,999 dan air dingin R2=0,926. Hasil pengujian pada perlakuan tanpa bahan dan menggunakan bahan memperlihatkan sistem dapat bekerja dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil pembacaan sensor suhu yang direspon oleh kondisi kipas pembuang panas dan penghembus panas. Nilai konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh kipas sebesar 13,57 Watt dan untuk kebutuhan arus listrik sebesar 0,062 A.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): daya listrik, sendor DS18B20, sistem kontrol, suhu
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Sukmawaty Sukmawaty
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:12
Last Modified: 22 Jun 2023 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40219

Actions (login required)

View Item View Item