PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 27 AMPENAN

LULU’, QOLBUANI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 27 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LULU' QOLBUANI_E1E018085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_LULU' QOLBUANI_E1E018085.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pecahan guru dan siswa jarang menggunakan bahan ajar kontekstual karena materi di dalamnya bersifat terbatas. Ketercapaian kompetensi siswa pada muatan matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan pecahan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan mengetahui kelayakan e-modul materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 27 Ampenan tanggal 29 Juli 2022. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas V SD Negeri 27 Ampenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan kuantitatif. Langkahlangkah pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yaitu: 1) analisis masalah dan kebutuhan awal siswa; 2) menentukan materi dan merancang modul; 3) mengembangkan modul menjadi modul elektronik; 4) implementasi produk; dan 5) mengevaluasi tahapan-tahapan sebelumnya. Hasil penilaian validator ahli materi menunjukkan bahwa materi dalam e-modul termasuk kualifikasi “baik” dan keterangan “layak/valid” dengan persentase skor 73,3%. Sementara hasil validasi dari validator ahli media menunjukkan bahwa media dalam e-modul termasuk kualifikasi “sangat baik” atau “sangat layak/sangat valid” dengan persentase skor 85%. Hasil penilaian pada uji coba kelompok kecil (6 siswa) dan uji coba kelompok besar (12 siswa) berturut-turut sebesar 77,3% dan 80,6% yang menunjukkan bahwa e-modul termasuk kategori “praktis”. Hasil penilaian guru menunjukkan bahwa e-modul termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase skor 90%. Berdasarkan hasil penelitian, emodul pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat dikatakan layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): e-modul, penjumlahan pengurangan pecahan, matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:34
Last Modified: 22 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40224

Actions (login required)

View Item View Item