PENGARUH MODEL REMAP-CIRC (READING CONCEPT MAP-COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 9 MATARAM

ELSAGITA, RIESKIA (2023) PENGARUH MODEL REMAP-CIRC (READING CONCEPT MAP-COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ELSAGITA RIESKIA SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Elsagita Rieskia.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperiment dengan total populasi penelitan adalah 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel terdiri dari sampel kelompok eksperimen dan sampel kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 32 siswa. Desain penelitian menggunakan Posttest-Only Design with Nonequivalent Group. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik kuisioner (angket) dan observasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan sosial dan angket keterampilan sosial dengan skala likert yang memenuhi uji prasyarat instrumen secara valid dan reliabel serta memenuhi kriteria uji prasyarat analisis. Uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent Samples T Test) diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung dan ttabel yang diperoleh yaitu 4,455 > 1,9987 artinya H0 yang diajukan ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil uji effect zize dalam penelitian ini sebesar 1,11 dengan kriteria tinggi. Dapat dikatakan bahwa model REMAP-CIRC berpengaruh besar terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV SDN 9 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): REMAP-CIRC, Keterampilan Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:03
Last Modified: 27 Jun 2023 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40337

Actions (login required)

View Item View Item