PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK PADA MATERI IPS KELAS IV DI SDN 22 AMPENAN

GHUDAIFA, RASYA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK PADA MATERI IPS KELAS IV DI SDN 22 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Final Ghudaifa Rasya (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ghudaifa Rasya_Jurnal Progres Pendidikan.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Sasak, mengetahui langkah-langkah pengembangan modul, dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Sasak pada materi IPS untuk peserta didik Kelas IV di SDN 22 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN 22 Ampenan kepada peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Langkah-langkah dalam mengembangkan modul yaitu: 1) Analisis: dilakukan analisis kinerja dan analisis kebutuhan peserta didik, 2) Desain: mendesain modul dari cover hingga daftar pustaka, menentukan KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, materi, serta evaluasi kegiatan, 3) Pengembangan: dilakukan pencetakan modul yang sudah di desain, validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian direvisi sesuai saran, 4) Implementasi: dilakukan penerapan modul kepada peserta didik untuk melihat respon peserta didik dalam menggunakan modul, 5) Evaluasi: dilakukan evaluasi berupa tes kepada peserta didik untuk melihat pemahaman materi dari peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Sasak pada materi IPS kelas IV menunjukkan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran, hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi ahli media sebesar 77,64% (layak), ahli materi sebesar 93,6% (sangat layak), dan respon peserta didik sebesar 81,38% (sangat layak). Hasil pada tahap evaluasi juga menunjukkan 82% rata-rata peserta didik paham dengan materi yang ada di modul

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:03
Last Modified: 27 Jun 2023 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40338

Actions (login required)

View Item View Item