Pengaruh Permainan Penyae Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Kelas II SD Yayasan Hadi Sakti Tahun Ajaran 2022

DWI AGAM, KURNIA (2023) Pengaruh Permainan Penyae Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Kelas II SD Yayasan Hadi Sakti Tahun Ajaran 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas II SD Yayasan Hadi Sakti memiliki kemampuan berhitung yang masih dibawah rata-rata, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM pada mata pelajaran matematika. KKM pada mata pelajaran matematika di SD Yayasan Hadi Sakti di adalah 75, sementara rata-rata nilai di kelas II yaitu 60. Untuk mengatasi masalah tersebut mata pelajaran matematika dapat dikolaborasikan dengan permainan tradisional, salah satunya adalah permainan penyae. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh permainan penyae terhadap kemampuan matematika siswa kelas II. Penelitian berlokasi di SD Yayasan Hadi Sakti kelurahan Bertais, kecamatan Sandubaya, kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest (satu kelompok pretest-posttest). Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 17 siswa, diantaranya 8 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan berhitung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan rata-rata nilai dalam pretest dan posttest sebesar 26,76, pretest mendapatkan nilai rata-rata 59,71 dan posttest mendapat nilai rata-rata 86,18. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikasi 0,00 dengan ketentuan jika <0,05 maka ada perbedaaan nilai rata-rata pretest dan posttest. Sehingga kesimpulan dari penelitian adalah permainan penyae berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SD Yayasan Hadi Sakti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): permainan penyae, kemampuan berhitung, matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:47
Last Modified: 27 Jun 2023 08:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40376

Actions (login required)

View Item View Item