PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 47 CAKRANEGARA

RAHMAT, HIDAYAT (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 47 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD SKRIPSI fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 47 Cakranegara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequevalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 47 Cakranegara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah jenis sampling jenuh.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes essay. Data keterlaksanaan model problem based learning pada pertemuan I dengan skor 80 kategori baik dan pertemuan ke-II dengan skor 92 kategori sangat baik dan data kemampuan berpikir kritis siswa diuji normalitas dengan metode kolmogorov smirnov kemudian diuji homogenitasnya. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 1.683 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1.680.Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji effect size dengan menggunakan rumus effect size yang dimana hasilnya sebesar 0,49 dengan kisaran kriteria yang tergolong sedang berdasarkan pada klasifikasi uji effect size yang artinya model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 23:17
Last Modified: 04 Jul 2023 23:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40841

Actions (login required)

View Item View Item