Emilda Sulistiya, Safitri (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR GUGUS KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi..pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori berdasarkan perspektif Behaviorisme B.F. Skinner. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori guna mengetahui stimulus dan respon yang dialami oleh tokoh utama dengan perspektif behaviorisme B. F. Skinner. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan dalam novel yang mengandung perilaku tokoh utama . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah perilaku tokoh utama terbentuk karena pengaruh llingkungan yang dapat diamati melalui stimulus dan respon dari tokoh utama, baik berupa stimulus terkondisi maupun tak terkondisi. Stimulus tersebut menimbulkan respon – respon dari tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori Dengan adanya stimulus dan respon tersebut maka dapat diamati perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dengan perspektif behaviorisme Skinner.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perilaku, Tokoh Utama, Behaviorisme Skinner |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:06 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40870 |
Actions (login required)
View Item |