PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FUAN, MAHARANI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fuan maharani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL FUAN.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk megetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keaktifan belajar, pengaruh model PjBL terhadap retensi siswa dan pengaruh model PjBL terhadap keaktifan belajar dan retensi siswa secara simultan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental Posttest only control group design. Data penelitian keaktifan diperoleh dengan observasi sedangkan data retensi diperoleh dengan melakukan tes kepada siswa. Data yang dihasilken berupa data populasi dengan sampel penelitian difokuskan di dua sekolah, yakni SDN 2 Gerung Utara dan SDN 4 Gerung Utara. Sampel ditentukan dengan teknik probability sampling. Analisis pada peneltian ini menggunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data keaktifan belajar dan retensi siswa. Selain analisis deskriptif, penelitian ini juga menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan multivariat analysis of varians (MANOVA) untuk mengungkapkan kaitan antara variabel yang dikaji pada penelitian. Hasil dari penelitian ini yakni, ada pengaruh model model PjBL terhadap keaktifan belajar, ada pengaruh model PjBL terhadap retensi siswa, dan ada pengaruh model PjBL terhadap keaktifan belajar dan retensi siswa secara simultan. Hasil penelitian bisa dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya dengan topik penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Project Based Learning; Keaktifan belajar; Retensi siswa; Sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:01
Last Modified: 05 Jul 2023 08:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40872

Actions (login required)

View Item View Item