MORINA ANAS, TASYA (2023) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA ANAK DOMBA YANG NAKAL KELAS IV DI SD NEGERI 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Morina Anas Tasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Buku Jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku cerita Anak Domba yang Nakal. Buku ini diterbitkan oleh PT Cahaya Pustaka Raga yang ditulis oleh Renata Pohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru, pengisian angket dilaukan oleh siswa dan dokumentasi dilakukan oleh peneliti dengan menganalisis buku cerita. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Lokasi penelitian di SDN 32 Cakranegara, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita Anak Domba Yang Nakal antara lain (1) Jujur; (2) Mandiri; (3) Demokratis; (4) Persahabatan; (5) Tolong Menolong; (6) Cinta Damai; (7) Berani; (8) Saling memaafkan; (9) Rekigius; (10) Rasa ingin tahu; (11) Toleransi; (12) disiplin; (13) Tanggungjawab; (14) Berani; (15) Cinta tanah air. Berdasarkan nilai-nilai karakter tersebut, maka proses pembelajaran akan lebih karena guru dan siswa memahami nilai-nilai karakter yang ada dalam buku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendidikan Karakter, Cerita Anak Domba yang Nakal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:01 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:01 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40881 |
Actions (login required)
View Item |