PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PATAYA (PUZZLE TATA SURYA) BERBANTUAN KARTU PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SDN 30 CAKRANEGARA

IDA WAHYU, NINGSIH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PATAYA (PUZZLE TATA SURYA) BERBANTUAN KARTU PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SDN 30 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDA WAHYU NINGSIH (E1E019151).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL IDA WAHYU NINGSIH (E1E019151).pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mmenghasilkan deskripsi tentang rancangan pengembangan media PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu, mengetahui validitas, dan kepraktisan media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu pada pembelajaran IPA kelas VI SDN 30 Cakranegara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian dilakukan di SDN 30 Cakranegara. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VI SDN 30 Cakranegara sedangkan objek penelitian ini berupa media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu rancangan pengembangan media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu menggunakan model Sugiyono melalui 9 tahapan yaitu tahap potensi & masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan revisi produk. Validitas media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu dikatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh persentase 98,75% (sangat valid) dan ahli materi memperoleh persentase 86% (sangat valid). Kepraktisan media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu dikatakan sangat praktis berdasarkan respon guru baik pada ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar memperoleh persentase 100% (sangat praktis), sedangkan dari respon siswa pada ujicoba skala kecil (16 siswa) memperoleh persentase 96,59% (sangat praktis) dan tahap ujicoba skala besar (30 siswa) memperoleh persentase 97,63% (sangat praktis). Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan media pembelajaran PATAYA (Puzzle Tata Surya) berbantuan kartu dikembangkan melalui 9 tahapan, media yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Puzzle, Kartu, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:54
Last Modified: 10 Jul 2023 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40915

Actions (login required)

View Item View Item