PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEBUDAYAAN NTB UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA AKAN KEBERAGAMAN BUDAYA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD

ASRI MAULINA, WIJAYANTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEBUDAYAAN NTB UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA AKAN KEBERAGAMAN BUDAYA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Asri Maulina Wijayanti (E1E019041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JOURNAL_Asri Maulina Wijayanti (E1E019041) (1).pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah serta kelayakan dari produk hasil pengembangan media pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan NTB untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya pada pelajaran IPS kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis (Analisis), design (Perancangan), development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini sudah melalui kelima tahapan penelitian yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Media Pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan NTB untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya pada pelajaran IPS kelas IV SD. Kelayakan Media pembelajaran Monopoli berdasarkan penilaian validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 85%. Penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 97%. Hasil uji coba kelompok kecil tahap I mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 97%, tahap II mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 97%, dan tahap III mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 98%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:16
Last Modified: 11 Jul 2023 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40948

Actions (login required)

View Item View Item