PENGEMBANGAN MEDIA STIK ES KRIM UNTUK KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 2 LEMBUAK, KABUPATEN LOMBOK BARAT

ANIS, SAFITRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA STIK ES KRIM UNTUK KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 2 LEMBUAK, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ANIS SAFITRI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ANIS SAFITRI SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media stik es krim untuk kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan kelas II SDN 2 Lembuak, Kabupaten Lombok Barat yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analisys (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil uji kevalidan media sudah memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase 96,66% dari ahli media dan 89% dari ahli materi. Hasil kepraktisan media sudah memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 96% dari kelompok kecil dan 97% dari kelompok besar. Hasil keefektifan media sudah memenuhi kriteria tinggi dengan nilai rata-rata N-gain secara keseluruhan sebesar 0,89 dari kelompok kecil dan 0,88 dari kelompok besar. Jika dilihat dari kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 70, maka persentase tingkat ketuntasan nilai siswa sebesar 100% dengan rata-rata posttest pada uji coba kelompok kecil 93,75 dan kolompok besar 94,21. Maka dapat dinyatakan bahwa media stik es krim untuk kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan sangat layat dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas II SDN 2 Lembuak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media stik es krim, penjumlahan dan pengurangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:16
Last Modified: 11 Jul 2023 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40949

Actions (login required)

View Item View Item