PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

HIZZA SARA, ANNISA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Hizza Sara Annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL_Hizza Sara Annisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran yang berbasis pendekatan kontekstual. Pada penelitian ini juga untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul pembelajaran, dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) Konten dan konteks materi bangun datar berbasis kontekstual mengaitkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari. Produk berupa modul didesain menggunakan warna-warna yang menarik untuk siswa kelas IV. Modul disertai dengan gambar benda konkret untuk menjelaskan materi bangun datar yang sesuai dengan kehidupan siswa sehari-hari. (3) Hasil validasi modul berbasis kontekstual yang dilakukan oleh tiga ahli menunjukkan bahwa rerata skor keseluruhan aspek adalah sebesar 0,890 berdasarkan kriteria kevalidan termasuk kategori sangat valid. (4) Tanggapan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis kontekstual dengan kualitas modul yang dihasilkan ada pada kategori sangat layak melalui uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil persentase kelayakan sebesar 86,25% dan uji coba kelompok besar menunjukkan hasil persentase kelayakan sebesar 89,67%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul dari segi desain: format, dan warna yang disesuaikan, dari segi materi lebih rapi, terdapat gambar, hingga font yang sesuai. Selain itu, dari segi bahasa, modul pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan bahasa yang baku dan jelas. Sehingga modul dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modul Pembelajaran, Kontekstual, Bangun Datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:16
Last Modified: 11 Jul 2023 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40951

Actions (login required)

View Item View Item