PROFIL KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MINHAJUSSA’ADAH PASCA IMPLEMENTASI MODEL TaRL SAC TAHUN AJARAN 2022/2023

BIMA, ADHA (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MINHAJUSSA’ADAH PASCA IMPLEMENTASI MODEL TaRL SAC TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi bima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal bima.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA Bima Adha et al 2023.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil kemampuan literasi baca tulis peserta didik kelas III di MI Minhajussa‟adah pasca implementasi model TaRL SAC tahun ajaran 2022/2023 dan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi baca tulis peserta didik di kelas III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pasca implementasi metode TaRL terhadap kemampuan literasi baca tulis di Mi Minhajussa‟adah. Hal tersebut dapat dilihat darikemampuan awal pesrta didik dari level kemampuan literasi sebelum implementasi: menunjukan 1 peserta didik pada level pemula, 1 peserta didik pada level huruf, 1 peserta didik pada level kata, 6 peserta didik pada level paragraf, 5 peserta didik pada level cerita 1, dan 1 pada level cerita 2. Sedangkan sesudah penerapan Semua Anak Cerdas (SAC) dengan menggunakan metode TaRL tedapat 1 peserta didik pada level kata, 1 pada level paragraf, 1 peserta didik pada level cerita 1, 12 peserta didik pada level cerita 2. Adapun faktor yang mempengaruhi kemapuan lierasi baca tulis peserta didik antara lain kurangnya ekonomi keluarga, kurangnya minat baca pada diri anak, kurangnya kesadaran orang tua, dan tidak adanya les tambahan bagi anak. Berdasarkan penilaian akhir dapat disimpulkan bahwa dari 15 peserta didik, terdapat 12 peserta didik yang kemampuan membacanya sudah berada pada level cerita 2 sehingga penerapan Semua Anak Cerdas (SAC) dengan menggunakan metode TaRL berhasil meningkatkan kemampuan literasi baca tulis peserta didik di kelas III MI Minhajussa‟adah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan literasi, Model TaRL SAC,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:17
Last Modified: 11 Jul 2023 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40979

Actions (login required)

View Item View Item