PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 GAPUK DESA GAPUK KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

MUHAMMAD, SUHANDI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 GAPUK DESA GAPUK KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhammad Suhandi E1E218100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
artikel Muhammad suhandi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Gapuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Gapuk. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posttest, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan data posttest siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh terhitung 4,928 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,014. Maka diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,928> 2,014 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Gapuk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran mind mapping, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:44
Last Modified: 12 Jul 2023 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41035

Actions (login required)

View Item View Item