PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 KRAMA JAYA

ELMA AYU, WIDARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 KRAMA JAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELMA AYU WIDARI (E1E019100).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AYU WIDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn pada siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang mencari pengaruh antara variabel x (model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips) terhadap variabel y (hasil belajar muatan Pelajaran PPKn). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan tipe Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Observasi Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes pilihan ganda (Pre-test dan Post-test) dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Teknik Analisis data diawali dengan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene test. Selanjtnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakn uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2.158 sedangkan t tabel = 1,67412 Sehingga t hitung ≥ t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,035 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn pada siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:42
Last Modified: 12 Jul 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41052

Actions (login required)

View Item View Item