PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 BATUJAI

M.VALIAN AJI, SUKMA (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 BATUJAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_M.Valian Aji Sukma_E1E216103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 21.0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0. 846 > 0.050, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:41
Last Modified: 12 Jul 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41056

Actions (login required)

View Item View Item