M.VALIAN AJI, SUKMA (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 BATUJAI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi_M.Valian Aji Sukma_E1E216103.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 21.0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0. 846 > 0.050, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Mind Mapping, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41056 |
Actions (login required)
View Item |