PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDN 32 CAKRANEGARA

NURLAELA, NISPIANI (2023) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDN 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURLAELA NISPIANI WORD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
8087-Article Text-36541-1-10-20230625(1).pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai karakter, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 32 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter yang menjadi fokus dalam penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 32 Cakranegara yaitu terdapat lima nilai karakter yaitu nilai religius, jujur, disiplin, semangat kebangsaan, serta bersahabat/komunikatif. 2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter di SDN 32 Cakranegara dilaksanakan melalui adanya budaya sekolah yang direalisasikan melalui program-program dan pembiasaan sekolah. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 32 Cakranegara adalah berasal dari faktor internal yaitu berasal dari siswa, serta faktor eksternal yaitu yang berasal dari pihak sekolah dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan, Karakter, Budaya Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:29
Last Modified: 13 Jul 2023 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41075

Actions (login required)

View Item View Item