STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDIT IMAM BUKHORI DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023

ANDANG, WILTARSAN (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDIT IMAM BUKHORI DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
7948-Article Text-36534-1-10-20230625.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada strategi guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik dengan perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan karakter Religius peserta didik kelas VI di SDIT Imam Bukhori Dompu? (2) Bagaimana hambatan dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik kelas VI di SDIT Imam Bukhori Dompu?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan karakter Religius peserta didik di SDIT Imam Bukhori Dompu. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SDIT Imam Bukhori Dompu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas VI dan kepala sekolah yang melihat langsung strategi dalam mengembangkan karaker religius peserta didik yang diterapkan oleh guru-guru kelas VI di SDIT Imam Bukhori Dompu. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik kelas VI di SDIT Imam Bukhori Dompu adalah dengan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. (2) Faktor penghambat dalam dalam mengembangkan karakter religius peserta didik kelas VI di SDIT Imam Bukhori Dompu ada dua yaitu faktor internal yang berupa sifat kepribadian, dan faktor eksternal yang berupa lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan masyarakat, dan penggunaan gadged. (3) Solusi yang dilakukan oleh guruguru SDIT Imam Bukhori Dompu dalam menghadapi hambatan dalam mengembangkan karakter Religius peserta didik yaitu membangun komunikasi dengan wali peserta didik, mendatangi rumah peserta didik, mengundang wali peserta didik kesekolah, dan membatasi peserta didik menggunakan HP baik disekolah maupun dirumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guru, Karakter Religius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:10
Last Modified: 13 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41082

Actions (login required)

View Item View Item