PENGEMBANGAN MEDIA KAMISHIBAI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA KELAS V SDN 5 CAKRANEGARA

Ririn, Nadiyawati (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KAMISHIBAI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA KELAS V SDN 5 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Ririn Nadiyawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan media Kamishibai pada pembelajaran IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya kelas V SDN 5 Cakranegara, 2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap media Kamishibai pada pembelajaran IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya kelas V SDN 5 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media Kamishibai pada pembelajaran IPA materi jenisjenis hewan berdasarkan makanannya kelas V SDN 5 Cakranegara memeperoleh skor 61 dengan persentase 87% kategori sangat layak dari ahli media dan skor 45 dengan persentase 90% kategori sangat layak dari ahli materi. 2) Pada uji coba kelompok kecil angket respon guru memperoleh skor dengan persentase 92% dan angket respon siswa memperoleh skor dengan persentase 90%, kemudian pada uji coba keompok besar angket respon guru memperoleh skor dengan persentase 95% dan angket respon siswa memperoleh skor persentase 92%. Hasil tersebut menunjukan bahwa media Kamishibai pada pembelajaran IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya kelas V SDN 5 Cakranegara dinyatakan sangat layak dan mendapat respon positif dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Kamishibai, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:18
Last Modified: 13 Jul 2023 07:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41086

Actions (login required)

View Item View Item