Nani, Fitriani (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI NANI-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
ARTIKEL NANI-1.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen dan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SDN 28 Cakranegara menjadi populasi penelitian, dimana sampel yang digunakan yakni 31 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda pada mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji analisis prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji prasyarat dilakukan dengan bantuan spss 29 for windows dengan hasil data berdistribusi normal dan memiliki data yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test dengan bantuan spss 29 for windows yang menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran kontekstual, mind mapping, dan hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41160 |
Actions (login required)
View Item |