Busaini, Busaini (2023) Perilaku Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kawasan Taman Kota Selong. Perilaku Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kawasan Taman Kota Selong, 1 (1). pp. 48-52. ISSN pISSN : 2961-8959 eISSN : 2961-8940
|
Text
JSD Vol 1 No 1, Januari 2023.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Etika bisnis adalah manifestasi dari prinsip-prinsip etika perilaku bisnis, yang harus dipahami dengan baik agar masyarakat memperoleh manfaat yang besar dari kegiatan jual beli yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perilaku Pedagan Kaki Lima sesuai dengan etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan menggunakan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena mengkaji realitas, fenomena atau gejala yang holistik/utuh, kompleks, dinamis dan penuh makna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, rekaman dan foto. Informan ditentukan saat berada di lapangan menggunakan teknik pengambilan snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: pemahaman pedagang kaki lima di Kawasan Taman Kota Selong mengenai etika bisnis Islam dapat disimpulkan bahwa para pedagang tidak mengetahui etika bisnis Islam, akan tetapi, dalam menjalankan kegiatan dagangnya telah menerapkan aturan-aturan yang dibenarkan dalam ajaran agama Islam : prinsip keseimbangan, Prinsip Kehendak untuk melakukan sesuatu (ikhtiyār), prinsip pertanggungjawaban (farḍ), dan Kebajikan (Ihsan).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Etika Bisnis, Perilaku Pedagang, Prinsip Etika Bisnis. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Dr. H. Busaini, M.Si. |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41162 |
Actions (login required)
View Item |