PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCATTES (FLASHCARD TEKA-TEKI SILANG) UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA AKAN KEBERAGAMAN BUDAYA

LINA, MARDIANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCATTES (FLASHCARD TEKA-TEKI SILANG) UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA AKAN KEBERAGAMAN BUDAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lina Mardiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL Lina Mardiana .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan deskripsi tentang langkah-langkah pengembangan dan membuktikan kelayakan media flashcattes (flashcard tek-teki silang) untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya di Provinsi Nusa Tenggara Barat berdasarkan aspek kevalidan kepraktisan dan Keefektivan dalam penggunaan produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yaitu media flashcattes (flashcard teka-teki silang) untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya di Provinsi NTB dikembangkan dengan beberapa tahap pengembangan dimulai dari membuat desain media, kemudian mewujudkan desain dalam tahap pengembangan yang dilakukan dengan melalui uji kevaalidan media dan uji validasi materi kemudian perbaikan hingga menghasilkan media yang valid. Setelah itu media flashcattes (flashcard teka-teki silang) diuji cobakan untuk mengetahui tingkat persentase kepraktisan dan Keefektivannya, uji kepraktisan produk dilakukan dengan instrumen angket respon siswa dan guru sedangkan uji Keefektivan dilakukan dengan test pemahaman diri. Kemudian hasil uji coba dievaluasi hingga menemukan kesimpulan tingkat kepraktisan dan Keefektivan produk. Persentase tingkat kevalidan media pada penelitian ini diperoleh 100% dan persentase tingkat kevalidan materi 96%. Kemudian persentase kepraktisan media mencapai 93% pada uji coba kelompok kecil dan 84% pada uji coba keleompok besar serta 96% berdasarkan penilaian guru. Selanjutnya hasil test pemahaman diri dalam uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai 94,88 dan pada uji coba kelompok besar 94,22 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikatakan media flashcattes (flashcard teka-teki silang) untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya terbukti valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan media, flashcard teka-teki silang, pemahaman diri, keberagaman budaya Provinsi NTB.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:00
Last Modified: 18 Jul 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41241

Actions (login required)

View Item View Item