EFEKTIVITAS PEMANFAATAN FENOMENA ALAM BERBASIS LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BIMA

Nurrah, man (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN FENOMENA ALAM BERBASIS LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nurrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Nurrahman.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kemampuan kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kota Bima dalam memproduksi teks eksposisi dari segi struktur dan kaidah kebahasaannya melalui hasil media pembelajaran dari peristiwa alam yang pernah terjadi di Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah efektivitas pemanfaatan fenomena alam berbasis lokal untuk meningkatkan kemampuan menulis kelas X SMA Negeri 2 Kota Bima dalam memproduksi teks eksposisi. Metode pengumpulan data berdasarkan dari metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir) dengan pemanfaatan fenomena alam berbasis lokal berupa hasil tes siswa dalam memproduksi teks eksposisi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan penelitian kuantitatif berdasarkan skor hasil tes yang didapatkan siswa sesuai dengan indikator penilaian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Kemampuan memproduksi teks eksposisi kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kota Bima dari segi struktur hasil prettest terdapat 33 siswa dengan struktur lengkap yakni tesis, rangkaian argumen, dan rekomendasi/ kesimpulan. 2 siswa dengan struktur dua struktur, yakni tesis dan rangkaian argumen, dan 1 siswa tidak memiliki struktur, sehingga dari 36 mendapatkan skor rata-rata 63,83 dengan kategori kurang. Sedangkan pada hasil posttest semua 36 siswa memiliki struktur lengkap, sehingga hasil penilaian struktur teks eksposisi pada posttest mendapatkan skor rata-rata 80,52 dengan kategori baik. (2) Kemampuan memproduksi teks eksposisi kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kota Bima dari segi kaidah kebahasaan berdasarkan hasil prettest terdapat 9 dari 36 siswa yang cukup memenuhi kaidah kebahasaan yakni penggunaan kata teknis, kata hubungan penyebaban, kata hubungan temporal, kata kerja mental, kata perujukan, dan penggunaan kata persuasif, sehingga 36 siswa mendapatkan skor rata-rata 61,80 kategori kurang. Sedangkan pada hasil posttest kemampuan memproduksi teks eksposisi kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kota Bima, semua 36 siswa memenuhi kaidah kebahasaan yakni penggunaan kata teknis, kata hubungan penyebaban, kata hubungan temporal, kata kerja mental, kata perujukan, dan penggunaan kata persuasif, sehingga mendapatkan skor rata-rata 79, 63 dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): teks eksposisi, struktur, kaidah kebahasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:38
Last Modified: 20 Jul 2023 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41426

Actions (login required)

View Item View Item