Pemberdayaan Petani Jagung Lahan Kering Melalui Peningkatan AKses Terhadap Modal dan Input Produksi Untuk Meingkatkan Produksi dan Pendapatan di Nusa Tenggara Barat.

Suadnya, I Wayan and Damarjaya, I Komang and Rosmilawati, Rosmilawati and Sudirman, Sudirman and Budhastra, i Wayan Pemberdayaan Petani Jagung Lahan Kering Melalui Peningkatan AKses Terhadap Modal dan Input Produksi Untuk Meingkatkan Produksi dan Pendapatan di Nusa Tenggara Barat. Seminar Nasional Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
PROSIDING_SEMNASKOM_2019_TERBARU-1Repaired.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Makalah ini menjelaskan tentang hasil pengabdian kepada masyarakat berupa pengenalan robot serta evaluasi pelatihan teknik perakitan dan pemrograman robot lego mindstorm yang telah dilaksanakan dengan sasaran yaitu beberapa siswa dan guru fisika pada dua madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Pada materi pertama pelatihan, peserta diberikan pengetahuan tentang konsep robot, jenis robot, fungsi robot dan berbagai komponen robot berupa sensor, cpu dan aktuator. Pada materi kedua, peserta pelatihan diajarkan langsung bagaimana cara merakit sebuah robot Lego Mindstorm yang pada awalnya terdiri dari bagian-bagian kecil kemudian disusun menjadi sebuah robot tank. Pada materi ketiga, peserta pelatihan diajarkan cara memprogram robot lego mindstorm yang telah dirakit dengan menggunakan perangkat lunak khusus robot Lego Mindstorm. Sebagai upaya mengetahui luaran dari kegiatan pengabdian ini, diberikan kuisioner sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kuisioner yang diperoleh menunjukan perubahan pola jawaban yang di berikan terhadap kuisoner. Dari delapan pertanyaan yang diberikan, pada saat sebelum pelatihan, dari 14 sample responden yang dipilih, mayoritas memberikan jawaban pada wilayah kurang setuju yaitu sangat kurang setuju (SKS, 13,39%), kurang setuju (KS, 48,21%), cukup setuju (C, 32,14%). Namun setelah pelatihan, komposisi jawaban berubah ke wilayah setuju yaitu cukup setuju (C, 26,79%), setuju (S, 41,07%) dan sangat setuju (17,86%). Selain itu, hasil angket terhadap pelaksanaan kegiatan ini menunjukan kebermanfaatan kegiatan ini sebesar 56% (untuk skor 5, maksimum) dan 36,4% (untuk skor 4)

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): pelatihan robot, lego mindstorm, komponen robot, materi pelatihan robot, evaluasi pelatihan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ir. i Wayan Suadnya, M.Agr.Sc.,Ph.D.
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:39
Last Modified: 20 Jul 2023 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41438

Actions (login required)

View Item View Item