PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 37 AMPENAN

Hardianti, ningsih (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 37 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HARDIANTININGSIH FINAL (ALHAMDULILLAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL HARDIANTININGSH.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki pada abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 37 Ampenan . Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan design Nonequivalent Control group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 37 Ampenan yang berjumlah 60 orang terbagi menjadi dua kelas yang sekaligus sebagai sampel penelitian, dimana kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi untuk mengukur keterlaksanaan model PBL dalam pembelajaran, melalui tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan dokumentasi berupa foto-foto selama melaksanakan penelitian. Data hasil observasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif memperoleh skor rata-rata 82.95 dengan kategori sangat baik. Data kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Independent Sample T Test, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan rumus kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji levene yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test memperoleh nilai t-hitung sebesar 2.458 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Sedangkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.017 lebih kecil dari 0.05. Hasil uji Independent Sample T Test diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:29
Last Modified: 20 Jul 2023 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41443

Actions (login required)

View Item View Item