KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SISWA KELAS VIII SMPN 17 MATARAM

Dyah, Rahayu (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SISWA KELAS VIII SMPN 17 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TEKS IKLAN (DYAH RAHAYU).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_DYAH_RAHAYU.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks iklan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaranp menulis teks iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks iklan berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan siswa kelas VIII SMPN 17 Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penellitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 17 Mataram. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik Tes/Penugasan dan tekik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan siswa kelas VIII C SMPN 17 Mataram berdasarkan aspek struktur berada pada kategori Cukup Mampu (CM) dengan nilai rata-rata 61. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai pemerolehan dengan kategori sangat mampu 5 siswa, 2 siswa dengan kategori mampu, 5 siswa mendapatkan kategori cukup mampu, 6 siswa dengan kategori kurang mampu, dan 2 siswa mendapatkan kategori tidak mampu. Selanjutnya berdasarkan aspek kaidah kebahasaan berada pada kategori Kurang Mampu (KM) dengan nilai rata-rat 55,85. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai pemerolehan dengan kategori sangat mampu 3 siswa. 3 siswa mendapatkan nilai dengan kategori mampu. 9 siswa dengan kategori kurang mampu, dan 5 siswa mendapatan nilai dengan kategori tidak mampu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menulis Teks Iklan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:28
Last Modified: 20 Jul 2023 07:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41446

Actions (login required)

View Item View Item