HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 4 MATARAM

RIRI SAHRI, SOUMI (2023) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIRI SAHRI SOUMI_UNIVERSITAS MATARAM_P.KIMIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_RIRI SAHRI SOUMI_UNIVERSITAS MATARAM_P.KIMIA.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif guru dan siswa serta hubungannya terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI dan XII IPA SMAN 4 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto dengan jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII IPA yang berjumlah 275 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 163 siswa yang ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket interaksi edukatif guru-siswa dan dokumentasi hasil nilai Ujian Tengah Semester mata pelajaran kimia Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik analisis deskriptif untuk mengetahui bagaimana pola interaksi edukatif guru-siswa dan prestasi belajar kimia serta uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis deskriptif bahwa persentase setiap indikator bentuk interaksi edukatif menyatakan bahwa siswa kelas XI IPA dan XII IPA pada pembelajaran kimia cenderung komunikasi yang bersifat dua arah. Persentase interaksi edukatif berdasarkan strata (kelas) dan secara keseluruhan siswa SMAN 4 Mataram termasuk kategori cukup. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dan siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI dan XII IPA SMAN 4 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Kekuatan hubungan variabel interaksi edukatif dengan prestasi belajar kimia termasuk dalam kategori tinggi dengan setiap penambahan 1,289 nilai prestasi belajar kimia, maka nilai interaksi edukatif bertambah sebesar 34,75%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Interaksi Edukatif Guru dan Siswa, Prestasi Belajar Kimia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:52
Last Modified: 21 Jul 2023 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41448

Actions (login required)

View Item View Item