ZURIATUN, SOLEHA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA PESERTA DIDIK MA MU’ALLIMAT NWDI PANCOR TAHUN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ZURIATUN SOLEHA (Skripsi Full) 20 Juli 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
ZURIATUN SOLEHA (JURNAL FIX).pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap keterampilan proses sains peserta didik MA Mu’allimat NWDI Pancor Tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian dan non-tes berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains. Hasil lembar observasi aspek keterampilan proses sains peserta didik dengan model pembelajaran guided inquiry yang terukur paling tinggi adalah aspek observasi dengan nilai rata-rata presentase sebesar 87,50%. Berdasarkan nilai thitung (4,929) yang lebih besar dari ttabel (1,998) pada taraf siginifikasi 0,05 dan n-gain kelas eksperimen (0,75) yang lebih besar dari n-gain kelas kontrol (0,67) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains dengan model pembelajaran guided inquiry.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:52 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41450 |
Actions (login required)
View Item |