IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS CERITA FIKSI DI KELAS VIII MTs. FAJRUL HIDAYAH BATUJAI, KECAMATAN PRAYA BARAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH

YULIA NANIK, AMINI (2023) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS CERITA FIKSI DI KELAS VIII MTs. FAJRUL HIDAYAH BATUJAI, KECAMATAN PRAYA BARAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI YULIA NANIK AMINI_12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_YULIA NANIK AMINI_E1C019224.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII MTs. Fajrul Hidayah Batujai, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dalam menganalisis struktur teks dan ciri kebahasaan teks cerita fiksi. jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII, sementara itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB yang hanya terdiri dari 26 siswa saja. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dengan memberikan tugas kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menganalisis struktur teks cerita fiksi pada siswa kelas VIIIB MTs. Fajrul Hidayah Batujai, berada pada kategori baik, dengan jumlah nilai rata-rata 76, hal ini menunjukkan bahwa nilai rataa-rata yang diperoleh sudah cukup dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pelajaran Bahasa Indonesia yang berjumlah 75. Adapun siswa yang mendapatkan kategori sangat baik berjumlah 14 dan yang kurang baik terdiri dari 2 orang. (2) kemampuan menganalisis ciri kebahasaan pada siswa kelas VIIIB MTs. Fajrul Hidayah Batujai, berada pada kategori cukup dengan jumlah nilai rata-rata 62,66, hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh masih jauh dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) seperti yang diketahui bahwa nilai KKM pada pelajaran Bahasa Indonesia yang berjumlah 75. Adapun siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik terdiri dari 4 orang, dan siswa yang termasuk kurang mampu terdiri dari 2 orang saja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, Menganalisis, Teks Cerita Fiksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:52
Last Modified: 21 Jul 2023 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41452

Actions (login required)

View Item View Item