ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

MURSALI WIREJATI, AKBAR (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Mursali Wirejati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL MURSALI WIRAJATI AKBAR.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 1 Praya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam pokok bahasan Pythagoras. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Praya dan subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang masing-masing memiliki kemampuan koneksi matematis berdasarkan kategori. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknk nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes koneksi matematis yang berjumlah 3 soal uraian.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika berada pada kategori cukup dengan rata-rata yaitu 59,74. Kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah dikelompokkan menjadi lima kategori, dari 26 siswa diperoleh bahwa 3 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat baik atau dengan persentase (9%), 4 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori baik dengan persentase (12%), 10 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori cukup dengan persentase (30%), 3 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori kurang dengan persentase (9%), dan 6 siswa berkemampuan koneksi matematis termasuk dalam kategori sangat kurang dengan persentase (18%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah, Pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:32
Last Modified: 24 Jul 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41562

Actions (login required)

View Item View Item