EVALUASI PEMBELAJARAN HOTS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TERARA

NOVIA, MISRUNIATI (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN HOTS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TERARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA MISRUNIATI (E1S016061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NOVIA MISRUNIATI (E1S016061).pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan metode pembelajaran di SMAN 1 Terara; (2) Kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui metode pembelajaran di SMAN 1 Terara; (3) Upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS melalui metode pembelajaran di SMAN 1 Terara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui 3 tahap yaitu, Tahap perencanaan meliputi menentukan tujuan evaluasi pembelajaran, menyusun kisikisi, menulis soal, uji coba dan analisis soal, dan revisi soal. Tahap pelaksanaan dilihat dari penilaian ranah kognitif dan psikomotorik melalui penerapan metode PBL. Tahap hasil evaluasi dilihat dari hasil ujian siswa. (2) Kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS yaitu, kendala internal mencakup guru kesulitan dalam menentukan metode dan media yang sesuai untuk siswa, keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan kesulitan dalam menyusun soal bertarap HOTS. Kendala eksternal yaitu tidak adanya pembaharuan program. (3) Upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu guru mengikuti pelatihan atau workshop yang diadakan di sekolah maupun diluar sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Evaluasi, Pembelajaran, Metode, Sosiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:32
Last Modified: 24 Jul 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41568

Actions (login required)

View Item View Item