PERENCANAAN ULANG JEMBATAN DODOKAN PADA RUAS JALAN GERUNG-LEMBAR MENGGUNAKAN ALTERNATIF JEMBATAN KOMPOSIT BOX GIRDER BAJA-BETON Redesign the Structure of Dodokan Bridge on Gerung-Lembar Road Using Alternative Composite Steel-Concrete Box Girder

YOULIA ARISTIEN, HARDI (2023) PERENCANAAN ULANG JEMBATAN DODOKAN PADA RUAS JALAN GERUNG-LEMBAR MENGGUNAKAN ALTERNATIF JEMBATAN KOMPOSIT BOX GIRDER BAJA-BETON Redesign the Structure of Dodokan Bridge on Gerung-Lembar Road Using Alternative Composite Steel-Concrete Box Girder. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YOULIA ARISTIEN HARDI_F1A019194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_YOULIA ARISTIEN HARDI_F1A019194.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jembatan Dodokan terletak pada Sungai Dodokan, Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Jembatan ini memiliki bentang 70 meter yang dibagi menjadi dua yaitu 45 meter dan 25 meter dengan konstruksi balok utama menggunakan PC-I girder dengan sistem balok sederhana serta dilengkapi 1 buah pilar. Dalam tugas akhir ini dilakukan perencanaan ulang Jembatan Dodokan dengan menggunakan box girder baja komposit yang memiliki sifat kuat terhadap torsi pada bentang menengah hingga panjang sehingga direncanakan bentang jembatan menjadi 70 m tanpa bangunan pilar. Metode perencanaan jembatan ini dimulai dengan tahap persiapan berupa studi literatur dan pengumpulan data jembatan eksisting. Dilanjutkan dengan penjelasan latar belakang pemilihan konstruksi gelagar utama, tujuan perencanaan, lingkup pembahasan dan dasar-dasar perencanaan untuk mendesain box girder baja komposit dengan berpedoman pada American Association of State Highway and Transportation Official (AASHTO) 2020 9 th Edition serta analisa pembebanan menggunakan SNI 1725-2016 tentang Pembebanan Jembatan. Kemudian dilakukan kontrol terhadap lendutan yang terjadi dan dilanjutkan dengan desain bangunan bawah jembatan. Hasil perencanaan didapatkan 2 buah box girder baja dengan tinggi penampang 3,0 m dengan lebar jembatan 10,5 m dengan bentang 70 m. Beban yang diterima box girder baja berupa beban sendiri (MS) 79,752 kN/m, beban mati tambahan (MA) 20,55 kN/m, beban lajur “D” berupa BGT 496,125 kN dan BTR 48,214 kN/m, beban pejalan kaki (TP) 5 kN/m, beban rem (TB) 109,375 kN, beban angin (Ew) 1,502 kN/m, beban gempa (EQ) 25,706 kN/m. Akibat beban tersebut didapatkan besar lendutan sebesar 0,0807 mm sebelum komposit dan 0,146 mm setelah komposit. Akibat beban tersebut didesain lawan lendut sebesar 0,20 m. Shear connector tipe kepala stud digunakan dengan jarak transversal 170 mm dan jarak longitudinal 200 mm. Segmental box girder berjumlah 7 buah dengan 6 titik sambung yaitu pada bentang 10 m, 20 m, 30 m, 40 m, 50 m, 60 m dengan diameter baut 24 mm. Tumpuan direncanakan dengan tipe Tetron CD GL Pot Bearing dengan ukuran GL.5000.400.40 dan Tetron CD FX Pot Bearing dengan ukuran FX.5000.500. Kepala jembatan atau abutment didesain dengan menggunakan kuat tekan beton (f’c) sebesar 40 MPa dengan tegangan leleh baja (fy) sebesar 400 MPa dengan tinggi 6,5 m. Pondasi didesain menggunakan pondasi tiang pancang dengan dimensi sebesar 0,8 m pada kedalaman 16 m sejumlah 10 tiang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): box girder baja, komposit, pembebanan, Jembatan Dodokan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:22
Last Modified: 24 Jul 2023 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41576

Actions (login required)

View Item View Item