PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP RETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA

ADAM, SAPUTRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP RETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ADAM SAPUTRA ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ADAM SAPUTRA SIP.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap retensi peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 28 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang mencari pengaruh antara variabel x (model pembelajaran contextual teaching and learning) terhadap variabel y (retensi peserta didik pada mata pelajaran IPA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen tipe pretest posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di SDN 28 Cakranegara, dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes pilihan ganda (Pretest dan Posttest). Teknik Analisis data diawali dengan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogorov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene test. Selanjtnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakn uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung sebesar 2.598 dan t tabel 1.686 yang berarti 2.598 > 1.686. Diperoleh nilai signifikansi 2 talled 0,013 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap retensi peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 28 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Retensi, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41581

Actions (login required)

View Item View Item