PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II GUGUS 01 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2022/2023

APRI, LIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II GUGUS 01 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi aprilia acc (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL JCAR APRILIA DONE (1).pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca nyaring yang masih rendah, hal ini disebabkan karena minimnya penggunaan media di dalam kelas yang membuat proses pembelajaran kurang efektif. Selain itu siswa juga jarang berlatih untuk membaca nyaring sehingga kemampuan membaca nyaring beberapa siswa belum maksimal serta lafal dan penggunaan intonasi yang belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II Gugus 01 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Gugus 01 Kecamatan Pujut yang terdiri dari 5 sekolah yakni SDN Tonjer, SDN 3 Sengkol, SDN Pengengat, SDN Belar dan SDN Tansang Ansang dengan jumlah 86 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel ini diambil berdasarkan tujuan dan kriteria yang ditentukan sehingga sampel yang dipilih adalah kelas yang jumlahnya tidak jauh berbeda dengan dua kelas yang akan dipilih menjadi sampel penelitian. Sehingga sampel yang digunakan adalah kelas II SDN Tonjer sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas II SDN Pengengat sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja keterampilan membaca nyaring dan lembar observasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS untuk melakukan uji normalitas, uji himogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas pretes kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,102 > 0,05 dan pretest kelas kontrol sebesar 0,200 > 0,05. Kemudian untuk posttest kelas eksperimen sebesar 0,114 > 0,05 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 0,117 > 0,05. Artinya nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol adalah terdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas nilai pretest dan posttest baik kelas kontrol dan eksperimen memiliki signifikansi 0,234 > 0,05 yang menandakan data homogen. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran cerita bergambar memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di Gugus 01 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca Nyaring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41612

Actions (login required)

View Item View Item