PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT ABATA LOMBOK

CHATIJAH LAILA, SYAFARI (2023) PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT ABATA LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CHATIJAH LAILA SYAFARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL CHATIJAH LAILA SYAFARI.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar peserta didik, bagaimana penerapan literasi digital, dan peran literasi digital dalam pembentukan perilaku belajar peserta didik di SD IT Abata Lombok. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD IT Abata Lombok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, tematik analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan literasi digital di SD IT Abata Lombok, sekolah menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang pelaksanaan kegiatan literasi digital di sekolah khususnya dalam kegiatan pembelajaran, mengadakan dan meminta kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dan staf sekolah untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tentang pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi serta penyediaan layanan-layanan yang dapat di akses secara online oleh masyarakat melalui website atau sosial media yang dimiliki oleh sekolah. Perilaku belajar peserta didik yang mucul di kelas IV SD IT Abata Lombok saat mengikuti pembelajaran memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lain, di mana perilaku ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor pendekatan belajar yaitu cara mengajar yang dilakukan oleh guru ketika pembelajaran. Penerapan literasi digital dalam pembentukan perilaku belajar peserta didik memiliki peran yang penting dalam pembentukan perilaku belajar peserta didik karena dapat membentuk dan merubah perilaku belajar peserta didik menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Literasi Digital, Perilaku Belajar, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41623

Actions (login required)

View Item View Item