PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI DI SMAN 10 MATARAM

LALA DWI, SASMITHA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI DI SMAN 10 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LALA DWI SASMITHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_LALA DWI SASMITHA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Abad 21 memiliki banyak perubahan salah satunya dalam bidang Pendidikan dan teknologi, pendidik dituntut untuk menguasai teknologi guna menunjang pembelajaran yakni dalam penggunaan media pembelajaran seperti media pembelajaran berbasis android. Penggunaan media pembelajaran tidak lepas dari kaitannya untuk mengembangkan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains serta perbedaan pengaruhnya terhadap indikator keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMAN 10 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA di SMAN 10 Mataram dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal pilihan ganda dan keterampilan proses sains menggunakan soal essay. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas) dan uji hipotesis menggunakan analysis of covariance/anacova. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains serta terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran berbasis android pada tiap indikator keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMAN 10 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41630

Actions (login required)

View Item View Item