PENGARUH ARAH GROUTING VERTIKAL DAN HORIZONTAL TERHADAP KUAT TEKAN PREPLACED AGGREGATE CONCRETE (PAC) The Effect Of Vertical And Horizontal Grouting Directions On The Compressive Strength Of Preplaced Aggregate Concrete (PAC)

LULU, ILMAKNUN (2023) PENGARUH ARAH GROUTING VERTIKAL DAN HORIZONTAL TERHADAP KUAT TEKAN PREPLACED AGGREGATE CONCRETE (PAC) The Effect Of Vertical And Horizontal Grouting Directions On The Compressive Strength Of Preplaced Aggregate Concrete (PAC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA-LULU ILMAKNUN-F1A019099 FIXXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-LULU ILMAKNUN-F1A019099.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini, kemajuan teknologi mendorong penggunaan beton menjadi lebih dikenal luas sebagai alternatif konstruksi. Dalam proses pembuatan beton seringkali menghasilkan cetakan beton yang kurang sempurna, sehingga terjadi bagian-bagian yang keropos, berbentuk seperti sarang lebah (honey comb) atau berongga sepenuhnya. Salah satu cara memperbaiki beton keropos adalah dengan preplaced aggregate concrete (PAC). Preplaced aggregate concrete (PAC) melibatkan penggunaan beton yang terdiri dari agregat kasar dan semen, yang dipersiapkan dan dicampur terpisah sebelum dicor ke dalam cetakan. Dalam proses pembuatan preplaced aggregate concrete (PAC), grouting umum di gunakan yaitu grouting arah vertikal. Namun untuk mengetahui pengaruh arah grouting terhadap mutu preplaced aggregate concrete (PAC) belum ada penelitian yang menggunakan arah grouting horizontal. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh arah grouting vertikal dan horizontal terhadap kuat tekan preplaced aggregate concrete (PAC). Penelitian ini menggunakan arah grouting vertikal dan arah grouting horizontal dengan 2 metode grouting yaitu metode manual pumping dan metode compressor pumping. Menggunakan variasi semen/pasir yaitu 2; 1,333; 1; 0,8 dan 0,667. Fas yang digunakan sebesar 0,45 dengan superplasticizer 1% dan ukuran agregat kasar seragam 38 mm. Pengujian benda uji mortar menggunakan kubus berukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm sebanyak 15 benda uji dan benda uji PAC menggunakan kubus berukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm sebanyak 60 benda uji pada umur 28 hari dengan kuat tekan rencana 30 MPa. Hasil penelitian menunjukkan nilai kuat tekan tertinggi terdapat pada arah grouting vertikal dengan metode manual pumping pada variasi semen/pasir 2 sebesar 56,317 MPa. Penggunaan arah grouting horizontal menghasilkan persentase perbandingan kuat tekan sebesar 89 % terhadap arah vertikal. Hasil pengujian desain PAC direkomendasikan menggunakan metode compressor pumping menghasilkan persentase sebesar 92% terhadap manual pumping.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Preplaced aggregate concrete (PAC), grouting vertikal, grouting horizontal, manual pumping, compressor pumping, dan kuat tekan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41644

Actions (login required)

View Item View Item