ZAHRA AZIZA, ZULANWARI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X SMAN 1 SAKRA TERHADAP SOAL-SOAL PISA PADA MATERI VIRUS DAN BAKTERI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
4374-Article Text-21950-1-10-20230712.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMAN 1 Sakra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Sakra terhadap soalsoal PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi “Virus dan Bakteri”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Sakra berdasarkan soal PISA tergolong kategori rendah dengan persentase rata-rata literasi sains yang didapatkan sebesar 46,26%. Berdasarkan gender, kemampuan literasi sains siswa laki-laki tergolong sangat rendah dengan persentase sebesar 42,38%, sedangkan kemampuan literasi sains siswa perempuan tergolong rendah dengan persentase sebesar 50,14%. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Sakra dalam menyelesaikan soal-soal PISA disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam mencermati soal, memahami isi bacaan, dan kemampuan bernalar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Bakteri, Literasi sains, PISA, Virus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41649 |
Actions (login required)
View Item |