PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRAYA

DIAN TRI ARDHANA, SAPUTRA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN TRI ARDHANA SAPUTRA (E1S018013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DIAN TRI ARDHANA SAPUTRA (E1S018013).pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian Sosiologi XI IPS 1 SMAN 1 PRAYA, penelitian ini dimaksudkan untuk melihat penerapan model Problem Based Learning berbantuan Learning Journals bisa menambah berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan Learning Journals. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali tatap muka. Merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi setiap siklus. Tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi merupakan instrumen penelitian. Hasil penelitian memaparkan bahwa keahlian berpikir kritis siswa bisa ditinggikan melalui penggunaan model Problem Based Learning dan Learning Journals, pada tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84,21% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Selain itu, keahlian berpikir kritis siswa meningkat dari 67,74% pada siklus I menjadi 87,09% pada siklus II. Mengingat konsekuensi dari tinjauan ini, pendidik harus menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Learning Journals dalam mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Learning Journals dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 PRAYA dalam pembelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kritis, Learning Journals, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41654

Actions (login required)

View Item View Item