PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN BOOKCREATOR DI KELAS V SD TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANYA

Eva, Mulyati (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN BOOKCREATOR DI KELAS V SD TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CD FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Eva.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar akan terhambat dan kurang optimal dalam implementasinya jika tidak dirancang dengan sistematis (terstruktur) serta selaras dengan tujuan yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan pengembangan dan kelayakan modul elektronik (e-modul) berbasis inkuiri terbimbing menggunakan bookcreator di kelas V SD tema 6 panas dan perpindahannya. Jenis penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon siswa, dan angket respon guru. Analisis data mengggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari validator materi mendapatkan skor 89 dengan presentase kelayakan 89% menempati kategori sangat layak, berdasarkan penilaian dari validator media mendapatkan skor 59 dengan presentase kelayakan 90,76% menempati kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok besar mendapatkan kriteria sangat baik dengan presentase 96,27% dan respon guru mendapatkan kriteria sangat baik dengan presentase 94%. Oleh karena itu modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing menggunakan bookcreator dapat digunakan untuk pembelajaran tematik tema 6 panas dan perpindahannya di kelas V SDN 4 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modul Elektronik, Boockretaor, Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41656

Actions (login required)

View Item View Item