IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS MA ASSYAFI’IYAH NW TAREKAT JANAPRIA LOMBOK TENGAH

Dede, Alfian (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS MA ASSYAFI’IYAH NW TAREKAT JANAPRIA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dede Alfian (E1S016013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Dede Alfian (E1S016013).pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah; (2) Kendala guru sosiologi dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah; (3) Upaya guru sosiologi dalam mengatasi kendala dari implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangan Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses implementasi model pembelajaran problem-based learning dalam pembelajaran sosiologi telah terbukti mendorong keaktifan siswa melalui diskusi kelompok, debat, presentasi, Tanya jawab, pengamatan dan pengumpulan data, serta refleksi dan evaluasi; (2). Kendala dalam implementasi model pembelajaran problembased learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi terdiri atas kendala internal yaitu guru sosiologi mengalami dalam menyusun RPP, menentukan metode dan media pembelajaran yang sesuai, keterbatasan waktu pembelajaran, sedangkan kendala eksternal yaitu daya tangkap siswa atau pemahamannya lambat, kurangnya minat belajar siswa dan diskusi didominasi oleh siswa tertentu: (3). Upaya guru sosiologi untuk mengatasi kendala dari implementasi model pembelajaran proble-based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi terdiri dari upaya guru dari sudut pandang internal yaitu guru mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop yang telah diadakan baik di sekolah maupun diluar sekolah terkait dengan penyusunan RPP yang sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan, memaksimalkan penyampaian materi serta menetapkan batasan waktu pada saat diskusi. Sedangkan upaya guru dari sudut pandang eksternal yaitu guru berupaya terus untuk melakukan improvisasi dengan mencari metode yang bisa membangun minat atau semangat siswa salah satunya dengan ice breaking

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Keaktifan Siswa, Mata Pelajaran Sosiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41664

Actions (login required)

View Item View Item