PENGARUH MODEL COOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 38 AMPENAN

MUTMA, INNAH (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 38 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUTMAINNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Mutmainnah.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 38 Ampenan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe non equivalent kontrol grub desain. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 38 Ampenan. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan sampling total. Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini meliputi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji statistik dengan program SPSS 22 teknik uji independent samples t-test diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (3,773 ≥ 1,675) dan sig ≤ 0,05 (0,000 ≤ 0,05) dan hasil uji effect size diperoleh sebesar 1,752 berkategori besar karena menjadikan siswa banyak yang aktif. Selain itu keaktifan siswa dapat meningkat dipengaruhi oleh kegiatan bertukar pikiran siswa dengan teman sebangkunya sehingga model pembelajaran Cooperatif Tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 38 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Cooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41670

Actions (login required)

View Item View Item