STUDI EKSPERIMENTAL KUAT TUMPU BAMBU TALI (Gigantochloa apus) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SAMBUNG BAUT Experimental Study on Embedment Strength Of Tali Bamboo (Gigantochloa apus) By Using Bolt as Fastener

TRI UTAMI INSAN, WAHYUNI (2023) STUDI EKSPERIMENTAL KUAT TUMPU BAMBU TALI (Gigantochloa apus) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SAMBUNG BAUT Experimental Study on Embedment Strength Of Tali Bamboo (Gigantochloa apus) By Using Bolt as Fastener. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_F1A019180_TRI UTAMI INSAN WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_F1A019180_TRI UTAMI INSAN WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sambungan merupakan bagian terlemah dalam desain konstruksi atau struktur dimana kekuatan konstruksi pada umumnya ditentukan oleh kekuatan sambungan. Kegagalan sambungan dapat membahayakan kinerja keselamatan seluruh struktur dan dapat menyebabkan keruntuhan. Oleh karena itu desain sambungan merupakan salah satu inti dari desain struktur. Kekuatan sambungan baut dapat ditentukan dengan kekuatan tumpu baut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kekuatan tumpu (Fe) pada bambu tali menggunakan alat sambung baut dan untuk mengetahui perbedaan kekuatan tumpu bambu tali pada bagian pangkal, tengah, ujung. Pada penelitian ini metode pengujian kuat tumpu yang dilakukan adalah metode pengujian setengah lubang, metode lubang penuh, dan metode setengah lubang ganda. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian sifat fisik, sifat mekanik (tekan, kuat tumpu) dan kaut leleh lentur baut. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan loading frame dan hydraulic jack untuk menekan dan menahan benda uji dan data logger yang digunakan untuk membaca beban yang telah diberikan. Hasil uji kuat tumpu dianalisis kemudia dibandingkan dengan hasil perhitungan teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bambu tali memiliki nilai kuat tumpu tertinggi pada bagian bawah untuk setiap metode yang digunakan, dan nilai kuat tumpu maksimum terbesar terdapat pada metode setengah lubang ganda, nilai kuat tumpu semakin meningkat dari bagian ujung hingga ke pangkal bambu dengan menggunakan ketiga metode yang dilakukan. Ukuran diameter baut yang lebih besar maka terdapat kecendrungan nilai kuat tumpu yang semakin rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bambu tali, sambungan, kuat tumpu
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:06
Last Modified: 25 Jul 2023 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41672

Actions (login required)

View Item View Item