SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA RESTORAN DI KOTA MATARAM

VALIA ADRI, CHOIRUNNISA (2023) SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA RESTORAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA 2-Valia Adri Choirunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir - Valia Adri Choirunnisa - F1D018059.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
poster.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar, salah satunya untuk bisnis restoran online memerlukan sebuah sistem informasi manajemen restoran yaitu sistem informasi CRM (Customer Relationship Management). Studi kasus yang digunakan dalam membangun sistem informasi CRM restoran adalah Valia’s Kitchen. Restoran Valia’s Kitchen merupakan restoran online yakni bisnis yang bergerak di bidang kuliner sejak tahun 2019 yang berlokasi di kota Mataram. Valia’s Kitchen telah bermitra pada salah satu perusahaan transportasi berbasis online dan menyediakan aplikasi. Namun terdapat beberapa keterbatasan akses dan kekurangan dalam pengelolaan operasional yang diberikan yaitu pengumpulan data pelanggan yakni data nama dan nomor pelanggan tidak dapat ditampilkan sebagai alasan keamanan privasi, data pesanan tidak bisa di back up secara keseluruhan, pencatatan stok barang atau bahan baku dan tidak ada pencatatan arus kas keluar dan masuk yang berguna untuk mengetahui pengeluaran dan pendapatan pada rentang waktu tertentu sehingga terdapat keterbatasan fitur dalam pengelolaan operasional. Dari permasalahan yang telah dijelaskan peneliti merancang Sistem Informasi CRM pada Restoran di Kota Mataram agar dapat meningkatkan efensiensi dalam pengelolaan operasional dan memudahkan dalam melakukan transaksi terhadap pelanggan. Sistem tersebut berbasis website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL lalu metode pengembangan yang digunakan yakni Extreme Programming (XP) serta pengujian dilakukan dengan metode black box testing. Implementasi `CRM pada sistem yang dibuat dituangkan dalam fitur pengelolaan data pelanggan, menu, bahan baku, promo, mitra, pembelian bahan baku, pengeluaran resto, pencatatan arus kas, laporan transaksi, statistik resto, dan detail ulasan. Hasil pengujian Black Box Testing mengenai fitur-fitur pada sistem diuji sudah berjalan dengan baik tanpa error. Kemudian untuk hasil UAT rata-rata penilaian responden di sisi admin dengan jumlah 3 responden adalah 82%, sedangkan hasil UAT rata-rata penilaian responden di sisi pelanggan dengan jumlah 20 responden adalah 86%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Restoran online, Sistem Informasi Customer Relationship Management, PHP, Extreme Programming, black box testing
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:59
Last Modified: 26 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41720

Actions (login required)

View Item View Item