PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 8 MATARAM KELAS VII TAHUN AJARAN 2022/2023

Ricky Pramana Setiawan, Panie (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 8 MATARAM KELAS VII TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIKCY FIX JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
jurnal Ricky Pramana Setiawan Panie (E1R017050).pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan posttest only nonequivalent control group yang merupakan bentuk dari metode penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 8 Mataram, dalam menentukan sampel teknik yang digunakan adalah random sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII (B) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas VII (E) sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sama yakni masing masing 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan lembar tes hasil belajara siswa (posttest) pada materi aritmatika sosial. Analisis data yang digunakan adalah uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji effct size untuk melihat besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Mataram. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai > dengan taraf signifikan 5%, sehingga ditolak dan uji effect size dengan d = (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:37
Last Modified: 26 Jul 2023 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41771

Actions (login required)

View Item View Item