ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG MORFOLOGI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA NW NARMADA

VINA, MARDILA (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG MORFOLOGI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA NW NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VINA MARDILA FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Vina Mardila final salinan.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi dalam penulisan teks karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan bidang morfologi pada teks karangan narasi siswa kelas XI SMA NW Narmada. (2) memberikan perbaikan atas kesalahan berbahasa dalam karangan narasi siswa dari segi morfologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yakni karangan narasi siswa kelas XI. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik bawaan yakni teknik baca dak teknik catat. Metode simak dilakukan untuk memperoleh data dengan menyadap suatu bahasa baik lisan maupun tulisan, teknik baca dilakukan untuk memperoleh data dengan membaca karangan-karangan narasi siswa dan teknik catat dilakukan untuk mencatat suatu kata atau kalimat untuk di analisis. Peneilitian ini sangat penting dilakukan sebab bermanfaat untuk evaluasi dan refleksi penggunaan bahasa dalam menulis sebuah karangan. Perbaikan kesalahan bidang morfologi ini berpedoman pada KBBI, FUEBI, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia serta Buku Morfologi Kajian antara Bentuk dan Makna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesalahan Berbahasa, Kesalahan Morfologi, Teks Narasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:00
Last Modified: 26 Jul 2023 08:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41778

Actions (login required)

View Item View Item